loading...
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
(De)suggestopedia
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
SMA/MAN : Sekolah Menengan Atas N 1 Lasusua
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan ke : 7 / tujuh
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi
1. Mampu memdiberi atau mengucapkan salam dan memperkenalakan diri dalam bahasa Inggris
2. Mampu menggambarkan atau mendeskribsikan tempat pariwisata di kawasan mereka masing-masing.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna dalam percakapn (dialog) sehari-hari dalam bentuk salam dan perkenalan diri dalam bahasa Inggris.
2. Merespon makna yang terdapat dalam dialog sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk diberinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive.
Indikator
· Mengidentifikasi penerapan bentuk salam dan perkenalan diri dalam bahasa Inggris
· Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks: Descriptive.
- Tujuan Pembelajaran
· Siswa sanggup mengidentifikasi penerapan bentuk salam dan perkenalan diri dalam bahasa Inggris
· Siswa sanggup mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks: Descriptive.
2. Materi Pokok
*Dicantumkan pada lampiran
- Metode Pembelajaran/Teknik: (De)suggestopedia
- Langkah-langkah Kegiatan
1. Guru mengatur penampilan kelas: menempelkan gambar-gambar yang bebentuk poster pemandangan Amerika Serikat untuk membuat suasana kelas nampak lebih sangat senang dan poster meliputi klarifikasi grammar (to be & pronoun). (Bentuk poster terdapat di lampiran 1)
2. Menggunakan bahasa Indonesia, guru memdiberi salam ke siswa dan menyampaikan bahwa para siswa tidak akan berguru bahasa inggris melainkan mendapat pengalaman yang menarikdanunik dalam pembelajaran bahasa Inggris.
3. Guru memperlihatkan nama-nama familiar bagi siswa yang diambil dari negeri berbahasa Inggris dan menginformasikan ke siswa bahwa mereka akan menentukan salah satu dari nama tersebut beserta profesinya. (misal nama-nama familiar terdapat pada lampiran 2)
4. Guru diikuti siswa mempraktekan cara penyebutan setiap nama-nama familiar tersebut.
5. Guru mendiberitahukan siswa bahwa mereka akan memiliki identitas gres sesuai nama yang dipilh oleh siswa bersama dengan profesinya.
6. Setiap siswa menentukan salah satu dari nama –nama tersebut dan menentukan pekerjaan mereka dengan menolongan guru –yang memakai ‘pantomime.’
7. Guru lalu mengajarkan cara memdiberi salam dikala bertemu dan menanyakan pekerjaan ke orang lain.
8. Para siswa mempraktekkan cara memdiberi salam dan menanyakan pekerjaan orang lain sesui yang diajarkan guru.
9. Sesudah siswa memahami cara memdiberi salam dan menanyakan pekerjaan orang lain, mereka memperkenalkan diri mereka masing-masing sesuai dengan identitas gres mereka. (misal obrolan terdapat pada lampiran 3)
10. Guru lalu menceritakan ke siswa bahawa mereka akan memulai petualangan gres dalam pembelajaran bahsa inggris dan mendistribusikan ‘hand out’ 21 halaman yang meliputi obrolan diberikut klarifikasi sederhana terkait penerapan grammar yang terdapat pada dialog. (Cotoh obrolan terdapat pada lampiran 4)
11. Guru menginformasikan bahwa beliau akan membaca obrolan tersebut dan diikuti oleh siswa sambil mendengarkan musik klasik (guru memabaca obrolan dengan mencoba mengikuti irama dari musik).
12. Kemudian para siswa diistirahatkan sejenak (±15 menit) sejenak.
13. Sesudah para siswa keluar kelas, guru memasang pemandangan alam Amerika Serikat di dinding-dinding kelas yang sanggup menyejukkan hati para siswa. (Bentuk poster terdapat di lampiran 1)
14. Kemudian para siswa memasuki kelas.
15. Guru menginformasikan bahwa mereka akan membaca obrolan tersebut untuk ke dua kalinya sambil mendengar musik kalsik yang tidak sama dari sebelumnya.
16. Guru pada kali ini membaca obrolan tanpa ada perjuangan untuk mengikuti irama musik; pra siswa menutup ‘hand out’ mereka. Mereka spesialuntuk mendengarkan guru.
5. Sumber/Bahan/Alat
*Dicantumkan pada lampiran.
- Penilaian
*tak terdapat.
Mengetahui Makassar, 23 Juni 2012
Kepala Sekolah Sekolah Menengan Atas … Guru Mata Pelajaran
______________________ M. Ahkam A
NIP. NIP.
Tag :
Uncategorized
0 Komentar untuk "Contoh Rpp Metode Suggestopedia (Tefl)"