Cara Terbaik Mencatat Pelajaran Dalam Kelas?

loading...
Ketika guru sedang membuktikan dalam kelas, siswa pun mulai mencatat setiap kata atau wangsit yang disampaikan oleh si guru. Yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini 'Bagaimanakah bentuk metode terbaik dalam mencatat di dalam kelas yang berhasil meraih nilai terbaik dikala ujian nantinya?" Seorang andal Psikologi berjulukan A. Wang (1992) menjawaban pertanyaan ini dengan menggabungkan  pendekatan behavioristik dan kognitif.

Treatment
A. Wang (1992) dalam penelitiannya membagi siswa ke dalam tiga kelompok yang setiap kelompok memakai metode yang tidak sama. Metode yang dipakai ad tiga yaitu: review notes, summarize notes, dan answer questions about notes. 
  1. Review Notes
    Metode Review Notes ini paling umum dipakai oleh siswa. Dalam metode ini siswa mencatat pelajaran dalam kelas sebanyak mungkin apa yang dikatakan oleh guru. Kemudian, sebelum ujian siswa me review catatannya dengan cita-cita mereka sudah mencatat pelajaran dengan baik.
  2. Summarize Notes
    Siswa mencatat menyerupai biasanya spesialuntuk saja setelah kelas berakhir siswa menulis sebuah ringkasan terkait bahan dengan kata-kata mereka sendiri sesuai isi pelajaran di kelas.
    Siswa diperlihatkan cara mengidentifikasi sebuah wangsit pokok, dan dengan memakai kata-kata mereka sendiri, mereka menulis wangsit pokok tersebut. Kemudian siswa mengidentifikasi subtopic dan mereka kembali menulis subtopic tersebut memakai kata-kata mereka sendiri. Ketika dihubungkan, topic dan subtopic terbentuklah menjadi sebuah ringkasan -yang tadinya ditulis memakai kata-kata siswa sendiri. 
  3. Questions about Notes
    Siswa mencatat menyerupai biasanya spesialuntuk saja setelah kelas berakhir siswa diminta untuk menjawaban bebeberap pertanyaan terkait bahan kelas. Siswa didiberi sebanyak 13 pertanyaan umum, seperti: Apa wangsit pokok dari ... ? Bagaimana engkau akan memakai ... untuk ... ? Apa perbedaan antara ... dan .... ? Siswa menjawaban tiruana pertanyaan tersebut sesuai dengan catatan yang sudah dicatatnya.
Sesudah mempraktekkan salah satu dari ketiga taktik di atas, siswa menonton rekaman video yang mengulas ihwal suatu bahan layaknya di kelas  dan mencatat sesuai dengan taktik mereka (salah satu dari ke tiga taktik di atas). 

Result
Seminggu setelah siswa menyaksikan video tersebut, siswa didiberi ujian. Grafik di atas menampilkan bahwa siswa yang memakai metode ke tiga (answering questions) mempunyai hasil ujian  lebih baik dibandingkan ke dua metode yang lainnya. Dari hasil ini, A Wing (1992) menyimpulkan bahwa siswa yang mencatat dan lalu menjawaban pertanayaan sesuai catatan mereka menyimpan gosip lebih baik dibandingkan siswa yang memakai ke dua metode yang lainnya. 
0 Komentar untuk "Cara Terbaik Mencatat Pelajaran Dalam Kelas?"

Back To Top