loading...
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Desuggestopedia
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : X/ I
Materi : Listening
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk perkenalan diri dan pemdiberian salam.
2. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk respo terhadap diberita buruk.
B. Kompetensi Dasar
1. Merespons makna yang terdapat dalam percakapan transaksional sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk perkenalan diri (introducing yourself.).
2. Merespons makna dalam teks monolog sederhana yang memakai ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk respon ke diberita buruk.
C. Indikator
· Mengidentifikasi makna dari obrolan introducing yourself.
· Mengidentifikasi cara merespon diberita buruk.
D. Tujuan Pembelajaran
· Sisw bisa memperkenalkan diri mereka.
· Siswa bisa merespon terhadap diberita buruk.
E. Materi Pokok
· Berkenalan
Getting to Know Each Other
Iccank: it is nice sunset, isn’t it?
Lin: yeah, really.
Iccank: by the way my name is Iccank Siwon Rege.
Lin: nice to meet you, I am Lin Depouse. Just call me Lin and how should I call you?
Iccank: just call me Iccank
Lin: and where are you from?
Iccank: I am from Seoul, south orea and you?
Lin: I am from Indonesia
Iccank: what do you do for a living?
Lin: I am a nurse and what about you?
Iccank: I am a teacher.
Lin: well Iccank I have to go, see you later. Bye
Iccank: okay, bye bye.
§ Merespon ke diberita jelek (responding to bad news)
Dialogue 1
(Anita and Julia are reading a newspaper in the library)
Anita : Look! Oh no.
Julia : What is it?
Anita : It’s about the earthquake and the tsunami in Aceh. It’s really
terrible. The news states that at around 8 a.m. the earthquake
shook the land of Aceh and the tsunami burst out not long after
that. They destroyed the land 15 minutes later. More than two
hundred thousand people died and many were missing.
Julia : It’s unbelievable.
(Anton joines them).
Anita : Hi, Anton. How are you?
Anton : Not so good.
Anita : Why? Are you sick?
Anton : No. This morning I watched TV. All the news was about the
tsunami in Aceh and North Sumatra. You know, most of my
relatives live there.
Anita & Julia : We are really sorry to hear that.
Anton : Thanks for your concern.
F. Metode dan Pendekatan Pembelajaran: (De)suggestopedia
G. Langkah-Langkah Kegiatan
Langkah-Langkah Kegiatan |
1. Guru mendujungasi kelas: menempelkan gambar-gambar yang bebentuk poster yang meliputi pemandangan Inggris dengan tujuan membentuk suasana kelas nampak lebih sangat bahagia. (terdapat di lmpiran). 2. Guru memdiberi salam ke siswa dan memdiberitahu bahwa para siswa tidak akan berguru bahasa inggris melainkan mendapat pengalaman yang menarikdanunik dalam pengajaran bahasa. 3. Guru mengatakan nama-nama artis atau pun idola lain dari negeri barat. dan menginformasikan ke siswa bahwa mereka akan menentukan salah satu dari nama tersebut beserta profesinya. Nama-nama tersebut di cetak berwarna dan nama wanita tidak sama kolom dengan nama laki-laki(terdapat pada lampiran) 4. Guru diikuti siswa mempraktekan cara penyebutan setiap nama-nama familiar tersebut. 5. Guru mendiberitahukan siswa bahwa mereka akan memiliki identitas gres sesuai nama yang dipilh oleh siswa bersama dengan profesinya. 6. Setiap siswa menentukan salah satu dari nama–nama tersebut dan menentukan pekerjaan mereka dengan menolongan guru–yang memakai pertunjukan bisu atau pantomime. 7. Guru lalu mengajarkan cara memdiberi memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang lain. (terdapat pada lampiran) 8. Para siswa mempraktekkan cara memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang lain. 9. Sesudah siswa memahami cara memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang lain, mereka memperkenalkan diri mereka masing-masing sesuai dengan identitas gres mereka. 10. Guru lalu menceritakan ke siswa bahawa mereka akan memulai petualangan gres dalam pembelajaran bahsa inggris dan mendistribusikan ‘hand out’ 21 halaman yang meliputi obrolan diberikut klarifikasi sederhana terkait penerapan grammar yang terdapat pada dialog. Dialognya disertai dengan terjemahan bahasa Indonesia untuk membuat makna percakapan terperinci bersama dengan klarifikasi sederhana grammar dan vocabulary terkait 11. Guru menginformasikan bahwa beliau akan membaca obrolan tersebut dan diikuti oleh siswa sambil mendengarkan musik klasik (guru memabaca obrolan dengan mencoba mengikuti irama dari musik) 12. Kemudian para siswa diistirahatkan sejenak (±15 menit) sejenak. 13. Sesudah para siswa keluar kelas, guru memasang pemandangan alam Inggris di dinding-dinding kelas yang sanggup menyejukkan hati para siswa. 14. Kemudian para siswa memasuki kelas. 15. Guru menginformasikan bahwa mereka akan membaca obrolan tersebut untuk ke dua kalinya sambil mendengar musik kalsik yang tidak sama dari sebelumnya. 16. Guru pada kali ini membaca obrolan tanpa ada perjuangan untuk mengikuti irama musik; pra siswa menutup ‘hand out’ mereka. Mereka spesialuntuk mendengarkan guru. |
H. Sumber/ Bahan dan Alat
Contextual Teaching and Learning Bahasa Inggris: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4 oleh Gunarso Susilohadi.
I. Evaluasi
Tak terdapat penilaian
J. Penilaian
Tak terdapat pola cara penilaian
Makassar, 24 Juni 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Sekolah Menengan Atas N 96 Guru Mata Pelajaran
Kaimuddin Ismail Marsuki, S. Pd
NIP. NIP.
Tag :
Uncategorized
0 Komentar untuk "Contoh Rpp Metode Desuggestopedia"