Apa Itu Toefl?

loading...
TOEFL adalah kependekan dari Test of English as a Foreign Language, yaitu salah satu jenis tes dalam mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes TOEFL spesialuntuk diperuntukkan kepada mereka yang bahasa Ibunya bukan bahasa Inggris. Tes TOEFL umumnya dipakai untuk prasyarat melanjutkan studi S1, S2, maupun S3 baik dalam maupun luar negeri. Olehnya, soal-soal yang diujikan dalam tes TOEFL 100% berkaitan dengan kehidupan-kehidupan akademik/kampus.

Tak diragukan akan reputasi TOEFL -pertanyaan 100% terkait akademik- lebih dari 8.500 universitas di seluruh dunia mengakui dan memakai skor tes TOEFL sebagai pengukur skill bahasa Inggris.


Jenis Tes TOEFL

Format tes TOEFL dikala ini terbagi atas dua : Paper-based Test (PBT) dan Internet-based Test (IBT). Format tes TOEFL tergantung dari tempat sentra penyelenggara tes.  Untuk sentra penyelenggara tes yang tidak punya terusan internet maka akan menyediakan PBT. Untuk tempat Indonesia masih banyak sentra penyelenggara tes yang menyediakan PBT. Berbeda dengan PBT, IBT yang memakai internet terhubung eksklusif ke sentra administer ETS terletak di Princeton, New Jersey, memiliki kegiatan yang sudah diputuskan jauh sebelum tes dimulai dan juga penerima tes TOEFL IBT dilarang mengikuti tes yang tidak sama dalam masa 21 hari setelah tes.

Bentuk tes
PBT
Terdiri dari 4 bagian: Listening, Structure and Written Expression, Reading, dan Writing/TWE. Untuk bab ke empat TWE tidak begitu umum di prasyaratkan dan cara penilainnya berpisah dari ke 3 bab lainnya. Skor untuk tes PBT yaitu 217-677.
TestSectionDescriptionTime LimitNo. of
Questions
TOEFL PBTListening ComprehensionMeasures the ability to understand spoken English30-40 minutes50
TOEFL PBTStructure and Written ExpressionMeasures the ability to recognize language appropriate for standard written English25 minutes40
TOEFL PBTReading ComprehensionMeasures the ability to understand non-technical reading material55 minutes50
TWETest of Written EnglishMeasures the ability to write in English30 minutes1 topic
















IBT
Terdiri dari 4 bagian: Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Walau pun memiliki sesi khusus setiap skill yang diujikan, pada sesi speaking dan writing akan ada kombinasi dari beberapa skill. Dalam speaking terdapat 6 pertanyaan; ada yang mempersyaratkan penerima tes TOEFL mendengar dan merespon sebuah pertanyaan, percakapan, seseorang yang berbicara sendiri, atau seorang professor yang sedang mempersembahkan perrkuliahan. Ada juga yang meminta penerima untuk membaca sebuah paragraf dan lalu mendengar percakapan terkait topik paragraf tersebut dan lalu meresponnya dalam bentuk speaking. Begitupun dalam sesi writing akan ada kombinasi dari skill reading, dan listening yang lalu direspon dalam bentuk writing. Total skor untuk IBT yaitu: 0-120.

SectionTime LimitQuestionsTasks
Reading*60–80 minutes36–56 questionsRead 3 or 4 passages from academic texts and answer questions.
Listening60–90 minutes34–51 questionsListen to lectures, classroom discussions and conversations, then answer questions.
Break10 minutes
Speaking20 minutes6 tasksExpress an opinion on a familiar topic; speak based on reading and listening tasks.
Writing50 minutes2 tasksWrite essay responses based on reading and listening tasks; support an opinion in writing.
Untuk warta lebih jauh tentang TOEFL silahkan ke website resmi ETS (TOEFL administer ).
0 Komentar untuk "Apa Itu Toefl?"

Back To Top