Diagram Venn Dilengkapi Teladan Soal Dan Pembahasannya

loading...
Diagram Venn Dilengkapi misal Soal dan Pembahasannya Selamat data di Agus Blog, pada peluang kali ini, Agus Blog ingin mengulas pelajaran matematika kelas 7 smp, yaitu "Bab. Diagram Venn"

Memang sih, untuk menguasai pelajaran matematika itu diharapkan sebuah kedisiplinan dalam melatih diri mengerjakan soal soal tes, jadi memang agak tidak sama dengan mata pelajaran yang lainnya yang spesialuntuk dengan menghafal.

Kalau Agus Blog boleh bilang, bekerjsama matematika itu bukanlah pelajaran yang susah loo, kuncinya mau latihan, bertanya dikala bingung, dan selalu semangat untuk mempelajarinya.

Diagram Venn Dilengkapi misal Soal dan Pembahasannya Diagram Venn Dilengkapi misal Soal dan Pembahasannya


Baik eksklusif saja, diberikut klarifikasi terkena Diagram Venn.

misal Soal 1
Dalam Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang, dipeoleh data 68 orang suka sepak bola, 50 orang suka voly, dan 8 orang suka keduanya, sedangkan 35 orang tidak suka sepak bola maupun voly. Hitung banyaknya orang dalam kelompok tersebut!

Jawab:
Kita gunakan diagram ven untuk menjawaban soal tersebut. Jika kita gambarkan dengan diagram ven maka gambarnya menyerupai gambar diberikut ini.


Banyak orang yang ada di dalam kelompok tersebut ialah 60 + 8 + 42 + 35 = 145 orang. Jadi, banyaknya orang dalam kelompok tersebut ada 145 orang.

misal Soal 2
Dalam Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang diketahui 20 orang suka minum kopi, 25 orang suka minum susu, dan 12 orang suka susu dan kopi. Dari data tersebut, carilah.
a. jumlah tiruana orang yang diteliti
b. jumlah orang yang suka susu saja
c. jumlah orang yang suka kopi saja
d. jumlah orang yang suka kedua-duanya

Jawab:
Untuk menjawaban soal tersebut, pertama-tama membuat data tersebut menjadi bentuk diagram ven. Jika digambarkan, maka bentuk diagram vennya menjadi menyerupai gambar diberikut ini.
Dari diagram venn di atas maka.
a. jumlah orang yang diteliti = 33 orang
b. jumlah orang yang suka susu saja = 13  orang
c. jumlah orang yang suka kopi saja = 8 orang
d. jumlah orang yang suka susu dan kopi = 12 orang

misal Soal 3
Hasil survey terhadap 35 orang masyarakat desa Suka Maju, diperoleh hasil sebagai diberikut: 18 orang menyukai teh, 17 orang menyukai kopi, 14 orang menyukai susu, 8 orang menyukai minum teh dan kopi, 7 orang menyukai teh dan susu, 5 orang menyukai kopi dan susu, 3 orang menyukai ketiga-tiganya. Buatlah diagram Venn dari keterangan di atas dan tentukan banyaknya masyarakat menyukai teh, menyukai susu, menyukai kopi, dan tidak menyukai ketiga-tiganya.

Jawab:
Diagram Venn dari keterangan di atas menyerupai gambar diberikut ini.
Dari diagram venn di atas maka sanggup diketahui bahwa, banyaknya masyarakat desa Suka Maju @ yang gemar minum teh saja ada 6 orang, 
@ yang gemar minum susu saja ada 5 orang, 
yang gemar minum kopi saja ada 7 orang,  
yang tidak gemar ketiga-tiganya ada 3 orang.

misal Soal 4
75 orang pada sebuah perusahaan diteliti. Di antara pekerja tersebut 50 orang berlangganan koran, 25 orang berlangganan majalah, dan 10 berlangganan majalah dan koran. melaluiataubersamaini memakai menolongan diagram Venn, tentukan banyaknya pekerja di perusahaan tersebut yang tidak berlangganan keduanya!

Jawab:
Jika digambarkan, maka bentuk diagram vennya menjadi menyerupai gambar diberikut ini.
Berdasarkan gambar diagram venn di atas maka banyaknya pekerja di perusahaan tersebut yang tidak berlangganan keduanya ada 10 orang.

Demikian beberapa pola soal dan pembahasannya ihwal diagram venn yang sanggup Agus Blog sharekan, biar bermanfaa. Dapatkan bahan matematika smp lainnya di Blog ini.
0 Komentar untuk "Diagram Venn Dilengkapi Teladan Soal Dan Pembahasannya"

Back To Top