Download 100 Soal Persiapan Ujian Seleksi Ppg 2018 Kompetensi Pedagogik

loading...



100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK

1.      Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi duduk kasus yang mereka hadapi, kemudian duduk kasus itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapat solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A.    kemampuan kognitif
B.     kemampuan interaksional
C.     kemampuan integrasi diri
D.    kemampuan komunikatif

2.        Pernyataan diberikut yang menerangkan makna istilah kognitif adalah….
A.      kemampuan berkomunikasi
B.       Kemampuan untuk memecahkan masalah
C.       kemampuan diberinteraksi
D.      kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3.        Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit ialah ciri-ciri kemampuan anak berusia
A.      0 - 2 tahun
B.       2 -- 7 tahun
C.       7 -- 11/12 tahun
D.      11/12/ -- 14/15 tahun

4.        Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media yaitu sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A.      Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B.       Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C.      Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D.      Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5.        Kemampuan penerima didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A.      Kognitif
B.       Sosial
C.      Emosional
D.      moral

6.        Seorang penerima didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memdiberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika mitra lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung mencar ilmu sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A.      sosial-emosional
B.       kognitif
C.       moral
D.      spiritual 

7.             Peserta didik sudah mempunyai yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian menetapkan berdasarkan suatu isyarat moral pribadi.
Hal ini ialah contoh sikap moral-spritual pada tahapan ...
A.      kecerdikan budi pascakonvensional
B.       penalaran konvensional
C.       penalaran prakonvensional
D.      kecerdikan budi interkonvensional

8.        Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social bukan spesialuntuk untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut ialah tahapan perkembangan moral
A.      Prakonvensional
B.       Konvensional
C.      Pascakonvensional
D.      Interkonvensional

9.        Meterbaikkan acara ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan acara informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesusahan mencar ilmu dalam hal ….
A.      mengemukakan gagasan
B.       mengaktualisasikan diri
C.       penciptaan hubungan yang baik
D.      menformulasikan tindakan

10.    Seorang penerima didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah hingga sore, petugas kemembersihkanan sekolah hingga menyuruhnya pulang alasannya matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai mempunyai hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian

11.    Seorang penerima didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesusahan/ gangguan mencar ilmu dalam hal ....
A.      kesusahan akademis
B.       gangguan simbolik
C.       gangguan nonsimbolik
D.      gangguan sosial

12.    Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A.      Memmenolong siswa semoga sanggup memecahkan duduk kasus pribadinya
B.       Menmenolong siswa semoga sanggup melaksanakan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C.      Memmenolong siswa semoga sanggup mengatasi kesusahan belajar
D.      Memmenolong siswa semoga memperoleh informasi tertentu

13.        Teori ini memandang mencar ilmu sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan jawaban dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan jawaban terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori mencar ilmu yang dimaksud adalah…
A.      Behaviorisme
B.       Humanistik
C.       Sibernetik
D.      Kontruktivisme

14.    Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, menandakan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini ialah penerapan teori belajar….
A.      Sibernetik
B.       Humannistik
C.       Behaviorisme
D.      Konstruktivisme

15.    Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yaitu sebagai fasilitator, motivator, dan mempersembahkan kesadaran terkena makna kehidupan pada siswa. Teori mencar ilmu ini berusaha memahami sikap mencar ilmu dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori mencar ilmu ini yaitu ….
A.      Humanistik
B.       Konstruktivisme
C.       kognitivisme
D.      Nativisme

16.    Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup mencar ilmu setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi alasannya kemajuan teknologi yang memungkinkan mencar ilmu jarak jauh dalam jaenteng atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori mencar ilmu ….
A.      Sibernetik
B.       Konstruktivisme
C.       Behaviorisme
D.      Kognitivisme 

17.    Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yaitu teori belajar…
A.      Behaviorisme
B.       Konstruktivisme
C.      Kognitivisme
D.      Sibernatik

18.    Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang diharapkan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A.      Silabus
B.       RPP
C.       Silabus dan RPP
D.      SKL

19.    Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

20.    Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses pembelajaran, perbedaannya yaitu sebagai diberikut:
A.      Silabus meliputi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan acara mencar ilmu untuk mencapai kompetensi dasar
B.       Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C.       RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru
D.      RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan. 

21.    Salah satu prinsip dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A.      Materi atau materi bimbing berbasis kompetensi
B.       Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada penerima didik
C.       RPP bersumber dari silabus
D.      Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

22.    Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai diberikut ......
1)        Kompetensi dasar :Mengenal acara bermusyawarah
2)        Indikator : sebut dua ciri acara bermusyawarah
3)        Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup sebut dua ciri acara musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....
A.      Memdiberikan umpan balik dan tindak lanjut
B.       Mendorong partisipasi aktif penerima didik
C.       Memperhatikan perbedaan individu penerima didik
D.      Keterkaitan dan keterpaduan

23.    Benjamin S. Bloom berbagi ranah kognitif dengan urutan diberikut:
A.      ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.       ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.      ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

24.    Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom berbagi ranah kognitif dengan urutan diberikut:
A.      ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.       ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.      ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.

25.    Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan duduk kasus yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menuntaskan duduk kasus yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A.      Role Playing
B.       Inquiry
C.       Problem Solving
D.      Picture and Picture

26.    Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan duduk kasus proses pembelajaran adalah:
A.      Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.       Rumusan duduk kasus yang harus didiskusikan
C.       Jumlah penerima didik yang mengikti pembelajaran
D.      Motivasi mencar ilmu siswa

27.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   
A.      Pencapaian standar kompetensi
B.       Pencapaian kompetensi dasar.
C.       Pencapaian tujuan pembelajaran
D.      Pencapaian standar kelulusan

28.    Apa yang paling sempurna dilakukan guru, jikalau seorang penerima didik tidak mempersembahkan jawabanan atas pertanyaan yang diajukan ?
A.      Menunjuk penerima didik lain untuk menjawaban pertanyaan tersebut
B.       Memdiberikan Koreksi semoga penerima didik berusaha menjawaban walaupun salah
C.       Menyederhanakan isi pertanyaan semoga simpel dipahami penerima didik
D.      Menjawaban sendiri pertanyaan tersebut.

29.    Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A.      Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual penerima didik.
B.       Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C.       Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D.       Komponen-komponen silabus saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

30.    Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL yaitu sebagai diberikut, kecuali....
A.      Sharing dengan kawan
B.       Guru kreatif
C.       Pengalaman nyata
D.      Menggunakan satu sumber

31.    Dalam menentukan dan berbagi materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang sudah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan mempersembahkan bantuan untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A.      Sahih
B.       Kebermanfaaan
C.      Layak dipelajari
D.      Menarik minat

32.    Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A.      Kausal
B.       Spiral
C.      Kronologis
D.      inquiri

33.    Memilih media pembelajaran hendaknya dilarang sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk mencar ilmu individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...        
A.      tujuan           
B.       samasukan didik
C.       ketersediaan 
D.      konteks penerapan

34.    Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru sanggup menyusun taktik pembelajaran dan menentukan media yang akan dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…
A.      Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B.       Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C.       Pendidik harus mengikuti keadaan dengan kemampuan sekolah.
D.      Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

35.    Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus sanggup menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam..
A.      media yang mempunyai daya liput yang luas dan media yang mempunyai daya liput terbatas       
B.       media yang dpat didengar saja dan media yang sanggup dilihat        
C.       media tradisional dan media berbasis TIK  
D.      media dua dimensi dan media tiga dimensi 

36.    Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A.      Tujuan, samasukan didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penerapan, dan mutu teknis.
B.       Samasukan didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penerapan.
C.       Tujuan, samasukan didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penerapan
D.      Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

37.    Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan diberikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:         
A.      media pembelajaran yang paling baik yaitu media yang berbasis TIK     
B.       sebuah media sanggup dipakai untuk tiruana acara pembelajaran          
C.       media sanggup dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu acara pembelajaran         
D.      menentukan media tidak perlu banyak pertimbangan semoga tidak merepotkan

38.    Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk megampangkan penerima didik memahami materi yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang meliputi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah: 
A.      Menampilkan objek yang terlalu besar        
B.       Membuat konkrit konsep yang abstrak  
C.       Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.      
D.      Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

39.    Media mempunyai fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam memmenolong pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya ketika guru ingin menerangkan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, ia tinggal memakai medianya saja.
Berikut ini yaitu salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A.      Menampilkan objek yang terlalu besar, contohnya pasar, candi.
B.       Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C.       Membuat konkret konsep yang abstrak, contohnya untuk menerangkan peredaran darah.
D.      Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.

40.    Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat langsung atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…        
A.      book 
B.       forum           
C.       blog  
D.      e-portofolio

41.    Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi terkena pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A.      jadwal mencari informasi  
B.       program desktop publishing
C.       program untuk menjelajahi laman
D.      jadwal penciptaan laman

42.    Saat kita akan informasi wacana suatu topik atau judul sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A.      www.yahoo.com
B.       www.gmail.com
C.       www.hotmail.com
D.      www.cari-data.com

43.    Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi acara guru tersebut adalah...  
A. Microsoft Database    
B. Microsoft PowerPoint 
C.Microsoft Desktop Publishing     
D. Microsoft Word 

44.    Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang menarikdanunik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk membuat materi presentasi adalah....
A.      Microsoft Database
B.       Microsoft Spread Sheet
C.       Microsoft powerpoint
D.      Microsoft Desktop Publishing

45.    pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali metode, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarikdanunik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu ialah pecahan dari model pembelajaran…
A.      portofolio
B.       saintifik
C.       penemuan
D.      autentik

46.    Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan memakai duduk kasus sebagai langkah pertama dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing penerima didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut ialah model pembelajaran ....
A.      projek based learning
B.       discovery Learning
C.       Problem Based Learning
D.      Inquiry learning

47.    Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi tiruana anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut ialah implementasi model pembelajaran ....
A.      Project based learning
B.       inquiry learning
C.       Discovery learning
D.      problem based learning

48.    Berikut ini ialah langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1)        Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)        Mendesain Perencanaan Proyek,
3)        Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)        Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)        Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)        Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar yaitu ....
A.      1-2-3-4-5-6
B.       1-3-2-4-5-6
C.       1-3-2-5-6-4
D.      1-2-3-5-4-6

49.    Perhatikan langkah-langkah acara pembelajaran yang masih acak diberikut ini!
1)        Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)        Orientasi siswa pada masalah
3)        Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau kelompok
4)        Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang sempurna yaitu ....
A.      1-2-3-4
B.       2-3-1-4
C.       3-2-1-4
D.      2-3-1-4

50.        Kriteria keberhasilan mencar ilmu siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yaitu rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM dibutuhkan faktor-faktor….
A.      Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.       Kemampuan guru, masukana/pramasukana, dan intake siswa
C.       Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D.      Kemampuan guru, tingkat kesusahan kompetensi dasar, dan intake siswa

51.    Fungsi KKM yaitu sebagai diberikut, kecuali....
A.      sebagai pola penerima didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B.       ialah sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C.       dapat dipakai sebagai pecahan dari komponen dalam melaksanakan penilaian jadwal pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D.      Sebagai acara pengambilan keputusan yang sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif. 

52.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   
A.      Pencapaian standar kompetensi
B.       Pencapaian kompetensi dasar.
C.       Pencapaian tujuan pembelajaran
D.      Pencapaian standar kelulusan

53.    Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A.      Menilai tingkat pencapaian hasil mencar ilmu siswa
B.       Menambah materi pelajaran baru
C.       Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti jadwal tindak lanjut
D.      Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan jadwal tindak lanjut

54.    Instrumen yang diguanakan untuk menilai sikap siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A.      Pedoman observasi
B.       Kuesioner
C.       Pedoman wawancara
D.      Tes hasil belajar

55.    Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil mencar ilmu penerima didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A.      Buku sumber yang digunakan
B.       Kurikulum dan silabus
C.       Indikator pencapaian kompetensi
D.      Kemampuan pertama siswa

56.    Salah satu prinsip dalam penilaian hasil mencar ilmu penerima didik yaitu penilaian harus terpadu artinya:
A.      penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B.       penilaian ialah pecahan yang tak terpisahkan dari acara pembelajaran
C.       penilian berdasarkan kriteria yang terang wacana kompetensi yang harus dicapai
D.      penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk tiruana aspek kompetensi

57.    Instrumen penilaian hasil mencar ilmu yang dipakai pendidik harus memenuhi perakuratan diberikut, kecuali:
A.      Konstruksi butir soal memenuhi perakuratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B.       Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C.       Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan penerima didik
D.      Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan final semester

58.    Untuk mengetahui prestasi mencar ilmu yang dicapai oleh tiruana penerima didik pada satu rombongan mencar ilmu sanggup dilakukan dengan menghitung nilai;
A.      Mean
B.       Modus
C.       Median
D.      Simpangan baku

59.    Standar penilaian pendidikan ialah pola bagi guru dalam melaksanakan
A.      Penilaian hasil mencar ilmu penerima didik
B.       Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C.       Penilaian silabus dan RPP
D.      Penilaian standar kompetensi lulusan

60.    Penilaian yaitu penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian sanggup berupa hasil mencar ilmu penerima didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Teknik penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….           
A.      Objektivitas.
B.       Transparan
C.       Bermakna
D.      Menyeluruh

61.    Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam acara guru sebagai diberikut:
A.      Memdiberikan embel-embel materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang tidak sama
B.       mempersembahkan test embel-embel dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.       mempersembahkan embel-embel sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi diberikut instrument testnya yang sesuai
D.      didiberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesusahan tinggi 

62.    Dasar rancangan jadwal remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….
A.      proses pengajaran remedial intinya yaitu proses mencar ilmu mengajar biasa
B.       tujuan pengajaran remedial yaitu sama dengan test diagnostik
C.       samasukan terpenting pengajaran remidial yaitu peningkatan kecerdasan siswa
D.      taktik yang dipilihspesialuntuk berbentuk test ulang

63.    Salah satu prinsip merancang jadwal remidial bagi penerima didik tampak dalam acara guru ….
A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang sudah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa
C.       Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang tidak sama sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi

64.        .  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) ialah kriteria ketuntasan mencar ilmu yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya ialah:
A.           Nilai batas ambang kompetensi
B.           Nilai minimal yang dicapai penerima didik
C.           Nilai terbaik yang dicapai penerima didik
D.           Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

65.    Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara ….
A.      Memdiberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B.       Mengumpulkan lembaran-lembaran jawabanan hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.       Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang sudah didiberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.      Mengumpulkan lembaran-lembaran jawabanan hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesusahan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian didiberikan pengajarandan test remedial

66.    Penilaian hasil mencar ilmu siswa didasarkan pada karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A.  Konstruktivisme
B.  Authentic assesment
C.  Efektif
D.  kondusif 

67.    Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. melaluiataubersamaini demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A.      Penilaian berkelanjutan
B.       penilaian menyeluruh
C.       penilaian pola patokan
D.      penilaian pola norma 

68.    Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian pola kriteria (PAK). PAK ialah penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM ialah kriteria ketuntasan mencar ilmu minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik penerima didik.
melaluiataubersamaini demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a.         Penilaian berkelanjutan
b.        Penilaian autentik
c.         Penilaian pola patokan
d.        Penilaian pola norma

69.    Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik sudah menguasai suatu kompetensi, ialah…
A.      tujuan penilaian
B.       prinsip penilaian
C.      fungsi penilaian
D.      hasil penilaian

70.    Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan jadwal pengayaan ialah….
A.      prinsip penilaian
B.       tujuan penilaian
C.       fungsi penilaian
D.      bentuk penilaian.

71.    Assesment hasil mencar ilmu penerima didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai diberikut, kecuali:
A.      adil
B.       adil
C.      kooperatif
D.      terpadu.

72.    Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut ialah prinsip penilian yang:
A.      adil
B.       adil
C.      valid
D.      sistematis

73.    Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabankan, baik dari segi metode, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut ialah prinsip penilaian yang…
A.      adil
B.       akuntabel
C.       valid
D.      sistematis 

74.    Penilaian yang dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut ialah prinsip penilaian yang…
A.      adil
B.       adil
C.       valid
D.      sistematis 

75.    Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil mencar ilmu penerima didik, kecuali….
A.      ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.       menggunakan pola kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C.       ditindaklanjuti dengan jadwal remedial dan pengayaan
D.      dilakukan pengulangan jikalau ternyata jadinya banyak yang jelek

76.  Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima didik untuk mencar ilmu sesuai dengan kecepatan, peluang, dan gaya mencar ilmu masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A.      Fleksibilitas
B.       Interaktif
C.      Adaptif
D.      Kesinambungan

77.  Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran wacana memahami teks guakdot ternyata jadinya tidak terbaik. Dari 30 siswa ditetapkan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti jadwal remidial. Sedangkan yang ditetapkan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti jadwal pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...
A.      Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B.       Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C.       Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D.      Memdiberi kiprah mengerjakan lembar kerja siswa 

78.  Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam acara guru sebagai diberikut:
A.      Memdiberikan embel-embel materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang tidak sama
B.       mempersembahkan test embel-embel dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.       mempersembahkan embel-embel sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi diberikut instrument testnya yang sesuai
D.      didiberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesusahan tinggi

79.  Dasar rancangan jadwal remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….
A.      proses pengajaran remedial intinya yaitu proses mencar ilmu mengajar biasa
B.       tujuan pengajaran remedial yaitu sama dengan test diagnostik
C.      samasukan terpenting pengajaran remidial yaitu peningkatan kecerdasan siswa
D.      taktik yang dipilihspesialuntuk berbentuk test ulang

80.    Salah satu prinsip merancang jadwal remidial bagi penerima didik tampak dalam acara guru ….
A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang sudah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa
C.       Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang tidak sama sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi

81.  Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu acara itu yaitu pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut ialah acara PTK pada langkah ...
A.      merumuskan masalah
B.       mengidentifikasi masalah
C.      Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D.      menyusun proposal penelitian

82.    Mengetahui proses tindakan, dampak tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d) bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempergampang tindakan dan pengaruhnya ialah acara PTK pada langkah ….
A.      refleksi
B.       observasi
C.       perencanaan
D.      pelaksanaan

83.    Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud yaitu ….
A.      A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B.       refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C.       perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D.      perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi 

84.    Rumusan duduk kasus dalam PTK diberikut, yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan duduk kasus PTK?
A.      Apakah dampak permainan kiprah sanggup meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?
B.       Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawaban dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C.       Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?
D.      Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?

85.    Dalam Penelitian tindakan kelas, duduk kasus yang diteliti berasal dari ....
A.      kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B.       keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.       keinginan untuk memmenolong guru
D.      kepedulian peneliti akan kinerja guru

86.    Di bawah ini yaitu prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….
A.      Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B.       Kegiatan yang direkayasa
C.       Perencanaan
D.      Upaya empiris dan sistematis

87.    Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus ialah karakteristik PTK dalam hal….
A.      Pengumpulan data
B.       Menganalisis masalah
C.       Mencapai tujuan
D.      Menentukan ruang lingkup

88.    Peran guru dalam PTK yaitu sebagai…
A.      Guru
B.       Peneliti
C.      Guru dan Peneliti
D.      Objek Penelitian

89.    Berikut ini acara PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A.      Pelaksanaan tindakan
B.       Observasi dan intepretasi
C.       Diskusi balikan
D.      Analisis data

90.    Tujuan PTK adalah…
A.      Perbaikan KBM
B.       Menyusun teori baru
C.       Memperbaiki teori
D.      Menyusun generalisasi

91.    Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK ialah…
A.      Analisis
B.       Refleksi
C.       Observasi
D.      Diskusi

92.    Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi pecahan dari PTK khususnya pada bagian….
A.      Kesimpulan
B.       Prosedur penelitian
C.      Penlampauan
D.      Metodologi penelitian

93.    Persiapan pertama dalam PTK adalah…
A.      Menyiapkan cara wawancara
B.       Membuat analisis kelayakan hipotesis
C.      Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D.      Menyiapkan fasilitas dan masukana

94.    Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A.      Usulan untuk mendapat dana penelitian
B.       Uraian wacana komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C.       Uraian projek penelitian pendidikan
D.      Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK

95.    Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A.      Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B.       Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C.       Persiapan tindakan
D.      Observasi dan inperetasi.

96.  Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak spesialuntuk dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi penerima didik adalah....
A.      untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B.       untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C.       untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu penerima didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D.      untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan penerima pendidik.

97.  Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran yaitu melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain yaitu ….
A.      Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil mencar ilmu penerima didik
B.       Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil mencar ilmu yang sudah dilakukan
C.       untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D.      Untuk berbagi model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu

98.  Kegiatan refleksi ialah acara terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada acara inilah guru akan sanggup mengetahui berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya yaitu ....
A.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.       Penilaian dilaksanakan di final pembelajaran
D.      Penilaian dilaksanakan semenjak pertama pembelajaran hingga final pembelajaran 

99.    Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya yaitu ….
A.      Penilaian dilaksanakan di final pembelajaran
B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.       Penilaian oleh penerima didik dilakukan dengan sangat kritis
D.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

100.Untuk mengetahui keberhasilan mencar ilmu penerima didik, baik selama maupun sehabis penerima didik mengikuti pembelajaran tertentu sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik dalam bekerjasama atau wawancara wacana kesusahan-kesusahan yang dihadapi penerima didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menerangkan mempersembahkan klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya yaitu ...
A.      Mengapa penerima didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B.       Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan semoga efektif?
C.       Apakah kompetensi pertama penerima didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D.      mengapa penerima didik kita mempersembahkan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan

Bagi bapak/ibu guru yang ingin mendownload "100 soal persiapan ujian seleksi ppg 2018 kompetensi pedagogik, silahkan klik pada link di bawah ini :

Soal persiapan ujian seleksi PPG 2018 Kopetensi Pedagogik
Soal Latihan Pretest PPG-UKG 2018 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Demikian informasi terkena "DOWNLOAD 100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK" Semoga bermanfaa

Kunjungi juga :
0 Komentar untuk "Download 100 Soal Persiapan Ujian Seleksi Ppg 2018 Kompetensi Pedagogik"

Back To Top