loading...
misal Essay (esai) LPDP
Logo LPDP |
Berikut esai yang saya gunakan mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia (LPDP) jadwal Magister luar negeri jadwal TESOL. Alhamdulillah, Masyaa Allah Laa quwaataa ilaa billaah diijinkan lulus tahap wawancara.
Rencana Studi
Mengingat pentingnya kemampuan berbahasa Inggris ketika ini termasuk dalam bidang publikasi ilmiah internasional, teknologi yang umumnya memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama, persiapan menuju ASEAN Free Trade Area (AFTA), komunikasi internasional termasuk dalam hal politik, lembaga internasional bagi pelajar-pelajar Indonesia, sebagai perjuangan terhindar dari kesalahpahaman alasannya ialah bahasa ketika masyarakat Indonesia berkunjung ke negara lain, dan manfaat lainnya, saya memutuskan melanjutkan studi master (S2) saya pada bidang pengajaran bahasa Inggris yaitu MSc Teaching English to Speakers of Other Languages (TESOL) sebagai kelanjutan studi S1 saya pada bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
Mempertimbangkan pentingnya bagi saya untuk mencar ilmu di negeri berbahasa Inggris, manfaat melanjutkan studi di universitas terbaik, kesesuaian antara mata pelajaran dengan keadaan (tantangan) yang terjadi pada pengajaran bahasa Inggris di Indonesia, dan hal besar lengan berkuasa lainnya, saya memutuskan memusatkan studi master saya di University of Edinburgh yang terletak di Edinburgh, Scotland, United Kingdom (UK). University of Edinburgh berada pada peringkat ke-17 terbaik dunia dan terbaik ke-18 dalam bidang pendidikan (sumber: QS World University Rankings 2014/2015).
Pada semester satu saya akan mengambil empat mata kuliah yang ketiruananya ialah mata kuliah wajib, tiga di antaranya masing-masing 20 kredit, dan satu lainnya 10 kredit, sehingga nominal kredit yang akan saya selesaikan di semester ini ialah 70 kredit. Ke tiga mata kuliah itu ialah Language and the Learner, TESOL Methodology, dan Second Language Teaching Curriculum; sementara mata kuliah yang lainnya, yang mempunyai 10 kredit, ialah Sources of Knowledge.
Pada semester dua saya akan mengambil dua mata kuliah wajib yaitu Conceptualising Research dan Planning Research, dan berpeluang untuk menentukan dua mata kuliah lainnya. Mengingat keadaan pengajaran bahasa Inggris di Indonesia yang sesuai dengan planning penelitian (disertasi) aku, dari beberapa mata kuliah yang ada saya berencana mengambil Evaluation and Design of Materials dan Language and Culture Pedagogy.
Mata kuliah di atas akan memmenolong saya menuntaskan proyek disertasi saya ke depannya yang berjudul “A Study on English Language Curriculum in Indonesian Senior High Schools” (Studi Terhadap Kurikulum Pengajaran Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Menengah Atas/SMA). Tujuan pengajaran bahasa Inggris yang tecakup dalam hukum Kemendiknas ialah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Hal ini sesuai dengan begitu banyaknya petes dan rekomendasi ke para guru dalam mengajarkan bahasa Inggris untuk komunikasi. Sesuai pengalaman saya dalam mengajar bahasa Inggris, baik sebagai pengajar di institusi-institusi swasta (kursusan bahasa Inggris) maupun sebagai pengajar Pusat Bahasa dalam kampus (UIN Alauddin), saya menemukan bahwa bahasa Inggris sebagai alat komunikasi begitu ditekankan ke para siswa sehingga sebagai pengajar saya selalu diinstruksikan untuk aktif dalam menyediakan metode pengajaran bahasa Inggris yang komunikatif.
Walaupun begitu ditekankankannya pengajaran bahasa Inggris yang komunikatif, dalam realitasnya Ujian Nasional (UN) sebagai penilaian pembelajaran termasuk bahasa Inggris tidak memasukkan skill speaking untuk dievaluasi. Namun yang di-evaluasi ialah skill reading dan listening. Tidak spesialuntuk itu, tidak sama dengan Ujian Nasional, penerimaan mahasiwa gres di banyak sekali universitas Indonesia yang menyediakan tes bahasa Inggris pun tidak sama. Ada yang berserius pada skill reading saja bahkan ada yang masih saja berserius pada tes grammar atau structure. Ketidaksesuaian ini kemudian mendorong saya untuk mengadakan penelitian pada bidang penilaian kurikulum pengajaran bahasa Inggris di Indonesia.
Bidang TESOL, University of Edinburgh, menyediakan grup bagi para peneliti (ahli) di bidang TESOL yang ada di University of Edinburgh. Grup itu berjulukan Edinburgh TESOL & Applied Language (ETAL) Research Group. Grup ini menyediakan ruang bagi mahasiswa bekerja sama dengan staf pengajar TESOL untuk aktif dalam aktifitas-aktifitas sosial dan yang terkait penelitian termasuk menyediakan banyak sekali seminar, konferensi, proyek penelitian, dan sekolah animo gerah bidang TESOL. Komunitas ini sesuai dengan visi saya ke depannya untuk bisa aktif dalam bidang penelitian. Kesempatan ini tidak spesialuntuk memmenolong saya dalam meningkatkan kemampuan saya dalam status dosen (pengajar) bahasa Inggris nantinya tapi juga sebagai peneliti bidang pengajaran Bahasa Inggris.
Tips - Jangan pernah melaksanakan copas dalam esai registrasi beasiswa bahkan satu kalimatpun! Setiap penyedia beasiswa punya database mereka masing-masing sehingga akan ketahuan.
Tips - Jangan pernah melaksanakan copas dalam esai registrasi beasiswa bahkan satu kalimatpun! Setiap penyedia beasiswa punya database mereka masing-masing sehingga akan ketahuan.
0 Komentar untuk "Contoh Essay (Esai) Lpdp - Rencana Studi"