Contoh Essay (Esai) Lpdp - Kontribusiku Bagi Indonesia

loading...

misal Essay (Esai) LPDP - Kontribusiku bagi Indonesia

 sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat  misal Essay (Esai) LPDP - Kontribusiku bagi Indonesia
Logo LPDP

Kontribusiku bagi Indonesia
Kontribusi yang sudah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / forum / instansi / profesi komunitas aku

Ketika masih sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI), saya tidak spesialuntuk memmenolong ayah saya mengajar menpenghasilan belum dewasa di sekitar lingkungan rumah saya di rumah saya tapi juga saya mengajar menpenghasilan di Mesjid. Di rumah aku, ayah saya membuka perkumpulan menpenghasilan bagi belum dewasa sekitar rumah aku. Di mesjid saya juga ikut menjadi santri pada TKA (Taman Kana-kanak Al-Qur an) dan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur an). Saya pada waktu itu bergabung sebagai sampaumur mesjid; saya ikut memmenolong dalam urusan-urusan mesjid misalkan membunyikan radio mesjid, menjadi muadzin, memmembersihkankan mesjid. Kegiatan mengajar menpenghasilan di TKA dan TPA terus saya lakukan hingga tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Ketika mulai aktif di perkuliahan S1, saya bergabung dengan klub bahasa Inggris. Di lingkungan ini saya ikut menjadi salah satu pelatih bahasa Inggris secara sukarelawan. Saya juga ikut bergabung dengan organisasi sosial Team Pemuda 17 walaupun saya tidak sempat mengikuti banyak jadwal dikarenakan ketika saya mulai bergabung organisasi ini pun dalam keadaan pasif. Saya sempat mengikuti salah satu jadwal yang di mana kami anggota Team Pemuda 17 diundang untuk mengikuti jadwal organisasi sosial Jalan-Jalan Sore (JJS). Pada waktu itu JJS mengadakan buka bersama terhadap perkampungan masyarakat yang sehari-harinya berkerja sebagai pemulung dan hampir tidak satupun anak mereka bersekolah.

Ketika mengikuti jadwal itu, saya diberinisiatif bahwa alangkah lebih baik kalau kita menyediakan pendidikan bagi belum dewasa pemulung ini selain dari menolongan makanan, pakaian, dan hal-hal lain yang bersifat sementara. Inisiatif akupun saya sampaikan ke organisasi sosial Team Pemuda 17, namun alasannya ialah anggota-anggotanya mulai pasif maka akupun diberinisiatif untuk membangun komunitas saya sendiri. Saya kemudian mengundang beberapa mitra bersahabat saya untuk mengajar belum dewasa pemulung ini. melaluiataubersamaini modal tunjangan keluarga dan mitra bersahabat kami mulai mengumpulkan alat pengajaran dan pembelajaran termasuk papan tulis, spidol, buku2 bekas dan lain-lainnya. Kami mengajar belum dewasa mulai dari mengenal huruf abjad, angka, membaca, menpenghasilan, agama, hingga bahasa Inggrispun mulai kami perkenalkan.

Dalam bidang saya sendiri, saya ikut mengajar di beberapa institusi swasta dan juga institusi negeri yaitu kampus saya Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. melaluiataubersamaini ilmu bahasa Inggris yang ketika ini saya punya, saya memmenolong orang lain dalam mempelajari bahasa Inggris mengingat pentinganya peranan bahasa Inggris di masa modern kini ini. Penelitian saya di S1, saya seriuskan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang pada waktu itu sedang berada di semester 1 dan 2. Variabel yang saya tekankan pada waktu itu ialah bahan Subject-Verb Agreement yang ialah salah satu bahan fundamental untuk bisa mengerjakan soal TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Tes TOEFL sangalah penting bagi mahasiswa mengingat sebagai persyaratan mengikuti aneka macam beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Dan hal ini secara umum sangat memotivasi siswa.

Selain itu, saya juga aktif menyediakan bahan bahasa Inggris di dunia maya (online). Sejak masih duduk di dingklik kuliah S1, saya aktif menyediakan bahan berbahasa Inggris di blog. Saat ini saya mempunyai dua blog bahasa Inggris yang aktif yang mencapai pengunjung hingga ribuan perharinya. Fan Page Facebook yang saya kelola mencapai lebih dari seribu pengikut (likers).

Ke depannya saya sangat merencanakan karir saya dalam bidang pengajaran bahasa Inggris. Saat ini jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar masih terakreditasi C. Sepengetahuan terbaik aku, hal ini termasuk dikarenakan tidak adanya seorang professor pun pada bidang pengajaran bahasa Inggris di UIN Alauddin. Saat ini pun gres satu orang dosen yang gres final jadwal Doktor (S3) pada bidang Linguistik; dia ialah ketua jurusan saya Dr. Hj. Djuwairiah Ahmad, M.Pd., M.TESOL. melaluiataubersamaini menuntaskan studi master saya di bidang pengajaran bahasa Inggris (TESOL), saya berpeluang untuk melanjutkan studi Doktor (S3) saya pada bidang yang sama. Saya merencanakan diri saya untuk bisa menjadi professor di bidang pengajaran bahasa Inggris di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar. melaluiataubersamaini menjadi professor, saya tentunya akan banyak memdiberi manfaat termasuk dalam pengajaran, penelitian, publikasi artikel internasional, seminar, penulisan buku,  dan lainnnya. 

Tips - Jangan pernah melaksanakan copas dalam esai registrasi beasiswa bahkan satu kalimatpun. Setiap penyedia beasiswa punya database mereka masing-masing sehingga akan ketahuan.
0 Komentar untuk "Contoh Essay (Esai) Lpdp - Kontribusiku Bagi Indonesia"

Back To Top