Tentang Linux

loading...
Linux yakni sebuah kegiatan open  source yang gratis di bawah lisensi GNU Tentang LinuxLinux yakni sebuah kegiatan open source yang gratis di bawah lisensi GNU, sistem operasi 32-64 bit, yang ialah turunan dari Unix dan sanggup dijalankan pada aneka macam macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), sampai prosesor RISC. Linux sebagai kegiatan open source yang gratis Salah satu yang membuat Linux populer yakni alasannya yakni gratis. melaluiataubersamaini lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda sanggup memperoleh program, lengkap dengan instruksi sumbernya (source code). Tidak spesialuntuk itu, Anda didiberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah instruksi sumbernya.Dan itu tiruana legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarikdanunik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.
melaluiataubersamaini demikian, sanggup dikatakan bahwa Anda sanggup memperoleh Linux tanpa harus membayar sama sekali. Jika Anda harus membayar tiap kali instal perangkat lunak di lain komputer, maka dengan Linux Anda sanggup menginstalnya dimana saja tanpa harus membayar lisensi.
Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan eksekutif jaenteng, yakni kebebasan memperoleh instruksi sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini diberimplikasi pada beberapa hal penting. Pertama keamanan, yang kedua dinamika.
Jika perangkat lunak komersial tidak memperkenankan Anda untuk mengetahui instruksi sumbenya maka Anda tidak akan pernah tahu apakah kegiatan yang Anda beli dari mereka itu kondusif atau tidak (sering disebut security by obscurity). Hidup Anda di tangan para vendor. Dan kalau ada pemdiberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial tersebut, seringkali sudah terlambat. melaluiataubersamaini Linux, Anda sanggup mereview instruksi sumbernya langsung, bersama dengan pengguna Linux lainnya. Berkembangnya pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka, membuat bug akan cepat diketahui, dan secepat itu pula para programmer akan memperbaiki programnya. Anda sendiri juga yang memilih instruksi yang cocok sesuai dengan perangkat keras maupun kebutuhan dasar perangkat lunak lainnya untuk sanggup diimplementasikan. Ibarat sebuah mobil, Anda sanggup memodifikasi sesukanya, bahkan sampai mesin sekalipun, untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.
Keterbukaan instruksi sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Jika sebuah kegiatan dengan sistem tertutup dan spesialuntuk dikembangkan oleh vendor tertentu, paling banyak sekitar seribu sampai lima ribu orang. Sedangkan Linux, dengan keterbukaan instruksi sumbernya, dikembangkan oleh sukarelawan seluruh dunia. Bug lebih cepat diketahui dan kegiatan penambalnya (patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebut Bazaar. Kebalikannya sistem Chatedraal sangat tertutup dan spesialuntuk berpusat pada satu atau dua pengembang saja.
0 Komentar untuk "Tentang Linux"

Back To Top