Mengembalikan Grub Pada Linux Ubuntu

loading...
 biasanaya kita akan di hadapkan banyak persoalan Mengembalikan Grub Pada Linux Ubuntu
dikala komputer kita mempunyai 2 sistem operasi atau sering di sebut "Dual Boot" biasanaya kita akan di hadapkan banyak masalah.

Salah satu pola yang pernah saya alami =>
saya mempunyai 2 sistem operasi dalam komputer aku, yang pertama ialah sistem operasi linux ubuntu, dan yang kedua sistem operasi windows.
pada waktu itu salah satu sistem operasi saya ("windows") terkena virus, dan mengharuskan saya untuk meng install ulang nya. dan sehabis saya install ulang, GRUB di bab paling depan sebelum kita menjalankan sistem operasi linux ubuntu saya hilang, sehingga saya nggak dapat masuk ke Linux ubuntu aku. seketika itu saya berfikir bila linux ubuntu saya rusak akhir saya install ulang windows, sehabis cari cari gosip di google, ternyata Linux ubuntu tidak lah rusak melainkan GRUB nya saja yang rusak.
 biasanaya kita akan di hadapkan banyak persoalan Mengembalikan Grub Pada Linux Ubuntu
Teknik Membenahinya:
- jalankan live cd linux ubuntu ( tapi sebelum nya ubah booting yang pertama pada bios mejadi cd room dan bukan hardisk).
- buka terminal, caranya tekan tombol ALT+F2 sehabis itu ketik "gnome-terminal" dan enter. atau klik sajian Applications-Accessories-Terminal
- Pada Terminal, ketikkan sudo grub, maka prompt akan bermetamorfosis grub>
- Ketik find /boot/grub/stage1 maka akan ada sebuah output. misal outputnya ialah hd0,1
- Ketik root (hdX,Y). Dimana X dan Y ialah keluaran angka dari no.5. Misalkan yang keluar
hd0,1. Maka X =0 dan Y=1. Lalu ketikkan root (hd0,1)
- Berikutnya menginstall GRUB ke MBR dengan perintah setup (hd0)
- Keluar dari grub shell dengan mengetik quit, dan restart komputer, (tidakboleh lupa untuk
merubah settingan BIOS semoga boot pertama ke hardisk anda).

" sehabis itu GRUB secara otomatis akan kembali menyerupai tiruanla "
selamat mencoba.........."bravo linux"

0 Komentar untuk "Mengembalikan Grub Pada Linux Ubuntu"

Back To Top